Pemkot Tangsel, tetap merevitalisasi Pasar Ciputat -->

Menu Atas

Loading...
DESKRIPSI GAMBAR

Advertisement

Pemkot Tangsel, tetap merevitalisasi Pasar Ciputat

By: M Abdul Rosyid
Sunday, 21 June 2020


Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel bakal menggusur lapak-lapak pedagang pada akhir Juni 2020. 

Tangsel- Pemerintah Kota Tangerang Selatan(Tangsel) memastikan tetap merevitalisasi Pasar Ciputat dalam waktu dekat. Kebijakan itu menuai pro-kontra, mengingat saat ini kondisi pendapatan para pedagang tengah lesu imbas pandemi COVID-19.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel bakal menggusur lapak-lapak pedagang pada akhir Juni 2020. Mereka akan direlokasi sementara waktu ke bagian sisi Plaza Ciputat, tak jauh dari lokasi awal.

Satu sisi, revitalisasi pasar Ciputat memang menjadi kebutuhan mendesak. Mengingat bangunan yang ada saat ini terlihat tidak tertata dan kumuh. Banyak lapak semi permanen di bahu jalan, hingga mempersempit ruas jalan.

Di sisi lain, jika proses revitalisasi dimulai saat pandemi ini, maka bukan tidak mungkin beban yang ditanggung para pedagang akan bertambah. Sebab, sejak kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) 2-3 bulan terakhir omset pedagang rata-rata anjlok karena pembeli sepi.

"Kalau bisa jangan saat ini (relokasi), karena kalau dipindah otomatis pembeli langganan cari-cari lagi. Apalagi lagi musim Corona begini, pendapatan kita menurun dibanding waktu normal, sekitar 30 sampai 40 persen," tutur Arif (45), pedagang ikan dan cumi asin, Minggu (21/6/2020).

Hal yang sama disampaikan pedagang lainnya, Yakub (57), dia kurang sepakat jika relokasi dimulai saat ini. Selain membuat omset penjualan berkurang, proses itu dianggap bakal merepotkan para pedagang karena lokasi yang baru harus ditata ulang untuk ditempati. Belum lagi bisa jadi akan ada penarikan tarif baru di lapak relokasi.

"Memang sudah beberapa kali sosialisasi dari pemerintah dan koordinator pedagang soal relokasi ini. Tapi kan kita nggak tahu kalau nanti tiba-tiba di tempat relokasi sementara dikenakan tarif berbeda atau gimananya," ujar pemilik lapak sayur-mayur itu.

Pasar Ciputat berada di Jalan H Usman, RT03 RW09, Ciputat. Bagian depannya merupakan Jalan Dewi Sartika, sebelah sisi kanan dan kirinya adalah Jalan Aria Putra serta Jalan Ki Hajar Dewantara. Lokasi Pasar Ciputat sangat strategis, karena bisa diakses dari berbagai arah.