Katanya hilangkan kesan seram! TPU di Madiun, Dicat warna-warni -->

Menu Atas

Loading...
DESKRIPSI GAMBAR

Advertisement

Katanya hilangkan kesan seram! TPU di Madiun, Dicat warna-warni

By: M Abdul Rosyid
Saturday, 27 June 2020



Warga bergotong-royong dan kerja bakti membersihkan makam tersebut setiap minggu sekali. Selain membersihkan, warga juga  menambah penerangan di areal makam, (27/6).

Madiun– Kesan areal pemakaman yang seram seketika hilang saat menjejakkan kaki di tempat pemakaman umum (TPU) RW 05, Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. TPU yang dikenal dengan sebutan Makam Nguwot itu justru terlihat bersih, rapi, indah dan colourful.

"Dulu Makam Nguwot jadi langganan banjir. Sekarang tidak lagi," ujar Karniel, Lurah Tawangrejo, Rabu (24/6/2020).

Semua berubah ketika, Dinas Pertamanan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun mengadakan lomba kebersihan makam. Karniel mengumpulkan ketua RT/RW untuk membahas makam mana yang akan diikutkan lomba.

"Di Kelurahan Tawangrejo ada lima TPU dan tiga makam pribadi. Akhirnya disepakati Makam Nguwot di RW 05 yang ikut lomba," jelas Karniel.

Ternyata respons warga di lingkungan RW 05 cukup bagus. Mereka antusias dan mau berswadaya dan bergotong-royong membenahi area Makam Nguwot.

"Bukan hanya tokoh masyarakat, bahkan ahli waris pun juga mendukung sehingga kami mudah untuk bergotong royong," ungkap Sukaryono Ketua RW 05, Kelurahan Tawangrejo.

Warga bergotong-royong dan kerja bakti membersihkan makam tersebut setiap minggu sekali. Selain membersihkan, warga juga  menambah penerangan di areal makam.

Kesan seram  juga dihilangkan  dengan mengecat  dinding makam dengan gambar bunga-bunga, dan mengecat jalan masuk makam serta ditambahi LAMPION. Jalan masuk ke makam serta batu nisan juga dicat warna-warni sehingga tidak terlihat kusam.

"Ya semua itu dilakukan agar makam tidak terkesan angker, bahkan bisa digunakan untuk selfie"  kata Suyono.

Jerih payah warga mengubah wajah Makam Nguwot membuahkan hasil. TPU di Kelurahan Tawangrejo, Kota Madiun tersebut terpilih menjadi juara I lomba kebersihan makam yang digelar Dinas Perkim ssetempat.