Mahfud MD Respons Petisi Agar Buhing dibebaskan -->

Menu Atas

Loading...
DESKRIPSI GAMBAR

Advertisement

Mahfud MD Respons Petisi Agar Buhing dibebaskan

By: M Abdul Rosyid
Friday, 28 August 2020

Jakarta- Menko Polhukam Mahfud MD mengunggah video pernyataan Ketua Komunitas Adat Laman Kinipan, Effendi Buhing, di akun twitter resmi miliknya @mohmahfudMd.

Unggahan video ini merupakan respons Mahfud atas petisi yang banyak diminta masyarakat agar Buhing dibebaskan. Mahfud menyebut Buhing tak ditahan atas persoalan konflik lahan Laman Kinipan.

"Merespons petisi yang meminta pelepasan Effendi Buhing, seorang yang ditangkap karena [beritanya] mempertahankan tanah adat maka dengan ini saya infokan bahwa yang bersangkutan sudah tidak ditahan. Dan bukan kasus tanah adat tapi kasus pencurian yang dilakukan oleh beberapa orang yang mengaku disuruh Buhing," kata Mahfud dalam cuitan yang dikutip CNNIndonesia.com, Jumat (28/8).


 Tangkapan layar

Mahfud MD: Buhing tak ditahan atas persoalan konflik lahan Laman Kinipan.

Mahfud pun menyebut Effendi Buhing tak ditahan polisi setelah diperiksa karena berjanji kooperatif.

Mahfud menyebut Buhing telah menyampaikan pernyataan melalui video yang dia unggah itu. Pernyataannya pun telah sesuai dengan informasi yang dia terima dari aparat kepolisian, dilansir Cnn Indonesia (28/8).

"Bahwa masalah tersebut tidak ada kaitannya dengan pencaplokan tanah adat," kata dia.

Usai video itu diunggah, banyak warganet yang menganggap pernyataan yang dilontarkan Buhing lantaran ada unsur paksaan.

Buhing dipaksa membuat pernyataan tersebut agar konflik tersebut tak meluas di masyarakat.

Terkait hal itu, Mahfud langsung membantah. Dia menegaskan tak ada unsur paksaan dalam video pernyataan yang disampaikan Buhing itu,

"Wah, tadi protesnya krn Buhing ditangkap saat mempertahankan tanah adat. Setelah dibantah diminta video. Setalah diberi videonya dibilang videonya mencurigakan, dibuat dalam tekanan, kok duduk di kursi mewah, dan lain2. Coba hubungi sendiri Buhing. Kan ada alamatnya," kata Mahfud yang tak lupa membubuhi tanda emosi tertawa di pernyataannya itu.

Dalam video yang diunggah Mahfud itu, Buhing memastikan dirinya dalam keadaan baik dan diperlakukan dengan baik. Dia juga mengungkapkan kasus yang menyangkut dirinya tersebut hanya merupakan kesalahpahaman dengan pihak kepolisian.

"Saat ini saya diperlakukan dengan baik, ya seperti ngopi, dikasih makan. Ya jadi tiada kesan yang artinya menakutkan atau misalnya digebukin atau gimana. Kata-kata kasar pun tidak ada," kata dia.